Cara Meningkatkan Potensi Dengan Berinvestasi Pada Diri Sendiri

Siapapun akan sepakat bahwa untuk menjalankan bisnis, menjalin koneksi adalah hal penting. Bukan apa-apa, koneksi yang baik akan membantu Anda memulai usaha baru. Katakanlah mereka akan berbagi pengalaman dan strategi bagaimana usaha mereka bisa berhasil. Informasi dari mereka yang punya bisnis sama akan mengurangi rasa ragu Anda. Mereka yang menghargai setiap perkembangan, sekecil apapun itu, akan turut meningkatkan kepercayaan diri kita untuk selalu berusaha, selelah dan sebesar apapun halangannya. Memang betul, dalam memulai suatu bisnis, Anda diharapkan memiliki karakteristik kewirausahaan.

Mereka yang terlihat sukses mungkin saja sudah merasakan pahitnya perjuangan hidup selama bertahun-tahun lamanya. Kemajuan era digital juga menjadi faktor pendukung untuk kita membandingkan kehidupan yang kita miliki dengan orang lain. Luangkan waktu sejenak untuk berpikir apa saja yang telah membuat Anda unik dari orang lain. Rekan pembaca harus percaya bahwa semua orang memiliki keunikannya tersendiri, dan begitu juga semua rekan pembaca Career Advice. Pikir dan tuliskan mengapa kita unik, apa yang kita hargai dan apa saja hal-hal penting dalam hidup kita. Sebenarnya, semua orang memiliki rasa percaya diri di dalam diri mereka, namun seringkali mereka tidak menyadarinya atau tidak ingin mengembangkannya.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Warren Buffet memberikan ilustrasi menarik tentang hidupnya sendiri. Ia sepenuhnya sadar jika Anda ingin menjadi versi diri Anda yang a hundred and fifty% lebih baik, asahlah kemampuan berkomunikasi; baik verbal maupun tertulis. Masalahnya pada usia 20-an, kala itu Warren muda sangat gagap publik dan tidak pandai bicara.

Anda bisa bercerita tentang peristiwa yang terjadi selama seharian, pengalaman apa yang Anda dapatkan di tempat kerja baru, menu di restoran baru yang Anda coba bersana gebetan, dan lain-lain. Saat ini, berbagai lembaga pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pelatihan secara online. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk mengambil kelas di sela kesibukan atau setelah jam kerja. Pelatihan yang diikuti bisa disesuaikan dengan keahlian profesional utama Anda. Di luar itu, Anda juga dapat mencoba belajar keterampilan baru yang akan memperkaya skill set. Profesional yang sudah memiliki keahlian perlu mengikuti pelatihan untuk mengasah kemampuan.

Apalagi kalau kita enggak bisa memilah mana yang harus diprioritaskan dengan baik. Soft skill ini memang cukup kompleks ya, bisa meliputi kemampuan untuk mengoordinasi dengan baik, men-ship pesan dengan baik, manajemen tim, problem solving, dan sebagainya. Dan, enggak bisa dipelajari dalam satu hari, melainkan bisa berkembang seiring waktu.

Sekecil apapun pencapaian yang kalian peroleh, maka itu adalah sebuah usaha yang patut diapresiasi. Kenapa demikian, ini karena dalam rangka sebagai penyemangat dalam diri untuk lebih giat dalam meningkatkan kemampuan agar lebih baik. Kalau kalian sendiri enggan menghargai diri sendiri, bagaimana dengan orang lain. Memaksimalkan potensi adalah sebuah proses panjang yang tidak bisa kalian dapatkan secara instan. Pengalaman akan membuatnya belajar untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Contohnya, jika Si Kecil mendapat pengalaman baik, seperti tampil di muka umum dan mendapat tepuk tangan meriah, hal ini akan menambah rasa percaya diri dan optimismenya.